Blog campur-campur

Sang Maestro: Ni Ketut Canin

Fahmi Rizwansyah says:

Kalian pasti salut sama Ni Ketut Canin.


Penonton juga dibuat terkejut begitu menyaksikan sang penari utama ternyata sudah berusia lanjut, 85 tahun, namun penampilannya tetap saja prima. "Penampilannya luar biasa sekali. begitu juga dengan penarinya," kata Haruko Konishi, salah seorang penonton.

Selama dua jam, sang empu tari, bersama cucunya, Ni Wayan Sekariani dan cicitnya, Sri Maharyeni, membawakan tarian sakral Joged Pingitan. Sebuah tarian yang kian langka di Bali, karena hanya bisa disaksikan di dua desa saja, Desa Tegunungan dan Desa Sukawati.

Ungkapan seperti sugoi (luar biasa, hebat" ataupun amazing (menakjubkan) banyak keluar dari bibir para penonton yang baru saja menyaksikan penampilan Ni Ketut Cenik di sebuah aula di Gedung Bunka-Hoso, Tokyo, Selasa (16/9) malam. Sambil bertepuk tangan yang cukup lama, para penonton itu bangun dari kursinya dengan terus menatap ke arah Ni Ketut Cenin, yang bersama kelompoknya, perlahan-lahan meninggalkan panggung.

Komentar kekaguman tersebut memang merupakan kalimat yang paling pantas diucapkan untuk mengekspresikan kekaguman sekitar 200 penonton Tokyo, yang malam itu memadati media Plus Hall, di gedung Bunka-Hoso. Ribuan pengunjung Jepang sebelumnya mulai dari Osaka, Nagoya, Kyoto hingga Matsue sudah lebih dulu dibuat tepesona.

Penampilan dari perempuan kelahiran Banjar Pekandelan, Desa Batuan, Gianyar, menjadi istimewa, tidak saja penampilannya yang lincah, tetapi juga karena sang maestro melibatkan cucunya Ni Wayan Sekariani dan cicitnya Sri Maharyeni yang tampil tidak kalah energiknya. Sedangkan putranya, I Nyoman Budi Artha, yang juga pimpinan rombongan, bertindak selaku salah seorang pemusik gamelan.

Sama seperti tari Bali lainnya yang dinamis dan atraktif, ketiganya pun menari dengan lincah diiringi musik gamelan yang tidak kalah ramainya. Begitu gamelan berbunyi, dengan sigap NI Ketut Cenik menari, meliukkan badan dengan anggun, mengikuti irama musik. Saat menari seolah ada roh dari kekuatan tari itu yang hinggap dan membuatnya menjadi muda kembali.

Tarian yang menampilkan enam tokoh itu kemudian ditutup dengan tarian yang berkisah mengenai Calonarang. Sebuah cerita yang bersumber cerita rakyat mengenai kemenangan kebaikan atas kejahatan. Tarian yang dibawakan secara bergiliran itu ternyata mampu menahan penonton untuk tidak beranjak dari duduknya hingga pertunjukan berakhir.

Tari Joged Pingitan sendiri semakin tidak populer di kalangan generasi muda Bali, bahkan kian langka, karena hanya ada di pedesaan. Itu pun hanya terdapat di dua desa saja, salah satunya di Gianyar. Menurut I Nyoman Budi Artha, putra dari Ni Ketut Cenik,tarian tersebut berfungsi sebagai tarian wali, tarian ritual bagi sang dewa. Jadi bukan sembarang tarian.

"Bagi dodong (nenek) tari ini juga merupakan tarian untuk memuja dewa, jadi tidak bisa sembarangan," ujar Sekariani. Itu sebabnya sebelum membawakan tarian, baik pemusik, dan penari mengawalinya dengan sembahyang lebih dulu. Bahkan ruang tempat pertunjukan pun harus disucikan dulu.

Menurut Ni Wayan Sekariani, Jogged Pingitan salah satu penyebabnya karena tarian ini memiliki tingkat keahlian yang lebih sulit. Penarinya harus mampu membawakan gerakan tarian laki-laki yang tegas, namun juga mampu memadukannya dengan gerakan lembut dari tarian perempuan.

"Seiring dengan transformasi zaman, Joged Pingitan kini tinggal di desa-desa saja. Begitu juga dengan penarinya yang kian sulit ditemukan. Makanya kami, bersama Ni Ketut Cenik, giat mewariskan tarian ini ke generasi selanjutnya agar tidak hilang," katanya.

diambil dari http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MzA5NzA=

Cheers, frizzy2008.