Blog campur-campur

My girl's story: Sri Mulyani

Fahmi Rizwansyah says:

Diambil dari detik.com.

Mata kuliah akuntansi sering kali membuat mahasiswa pusing tujuh keliling. Menkeu Sri Mulyani mengakui dirinya sempat tidak menyukai salah satu mata kuliah itu. Malah kalau dirinya jadi akuntan, mungkin tak pernah menjadi menkeu.

"Akuntansi itu it's not my favourite waktu kuliah nilai saya itu 6 sampai 6,5 tapi saya selalu amazed dengan akuntansi ini karena kanan kirinya harus balanced. Saya bingung bagaimana bisa seperti itu, tapi ke depan makin lama saya makin suka, mungkin saya telat sukanya, tapi saya beruntung, kalau saya jadi akuntan mungkin saya tidak akan menjadi menkeu," ujarnya.
Hal itu disampaikannya saat membuka Konferensi Sektor Publik di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/7/2008).

Akuntabilitas dalam pembuatan laporan keuangan negara itu penting dan sebagai menkeu dirinya kita bertanggung jawab untuk mengelola keuangan negara agar bisa dijalankan dengan baik.
"Meskipun saya sebagai menkeu ini bukan seorang akuntan. Kita punya tanggung jawab untuk membuat publik sektor lebih baik, dan yang paling penting itu adalah sisi keuangannya," ujarnya.

Kehadiran lembaga pengawas seperti BPK yang menggerayangi tiap sisi keuangan di negara ini tentunya diperlukan.
"Karena kalau Anda punya power kalau tidak ada yang ngecek maka akan ada korupsi pasti. Kekuasaan itu itu so delicious dan it's so tempting, bahkan lebih enak dari coklat atau nasi uduk, karena itu bagus kalau ada BPK yang mengaudit sisi keuangan," ujarnya.

Sekarang BPK sudah memeriksa keuangan negara, dan bahkan pernah menemukan 3.000 rekening liar di depertemen. "Saya tidak mau kalah, melihat hal ini saya marah, saya cari di tiap departemen ternyata saya menemukan 30.000 rekening liar," ujarnya.

Laporan keuangan pemerintah, menurut Sri Mulyani memang masih jauh dari sempurna, namun dia tidak suka kalau ada yang menyebut laporan keuangan pemerintah amburadul.
"Saya legowo kalau penilaian disclaimer, tapi saya benci kalau dibilang amburadul, karena disclaimer itu pasti ada alasannya. Mungkin masyarakat bertanya kenapa 4 tahun disclaimer tapi menkeunya tidak diganti-ganti saya katakan walaupun tiap tahun menkeunya diganti, laporan keuangan tetap disclaimer," ujarnya.

***Hmm, jangan marah ya bu, saya jadiin cewek saya di blog ini.
Tetap semangat!!! anda penyelamat negara ini.

Cheers, frizzy2008.